6 Tips Membeli AC untuk Rumah Minimalis

6 Tips Membeli AC untuk Rumah Minimalis – Indonesia adalah salah satu Negara tropis yang mana saat siang hari suhu udara berkisar antara 25 hingga 34 derajat celcius. Panasnya suhu udara menjadikan sebagian orang merasa kurang nyaman. Nah, untuk bisa mengatasi suhu udara panas di rumah, lebih baik Anda simak berikut ini.

AC bisa membuat tagihan penggunaan listrik membengkak. Harga dari sebuah kenyamanan untuk menghuni ruangan yang sejuk di daerah dengan iklim tropis. Ya, walaupun demikian, ada banyak orang yang bersedia untuk membayar tagihan listrik yang jauh lebih mahal demi kenyamanan tinggal di rumah dengan desain minimalis. Dibandingkan harus berpanas – panasan mungkin itu jadi pemikiran setiap orang yang akan membeli AC.

tips membeli ac untuk rumah minimalis
tips membeli ac untuk rumah minimalis

6 Tips Membeli AC untuk Rumah Minimalis

Memeriksa daya dan instalasi listrik

Periksa terlebih dulu daya dan juga instalasi listrik di tempat tinggal Anda. Bila usia instalasi listriknya sudah di atas 10 tahun, lebih baik panggil ahli tukang listrik untuk periksa sambungan pada instalasi listrik. Karena Anda tahu bahwasannya daya listrik mampu menghidupkan satu unit AC sangat besar, sehingga nanti di khawatirkan terjadi overload yang sebabkan konslet listrik.

Memeriksa satuan kapasitas AC

Coba Anda cek PK sebelum akhirnya beli AC. Hal tersebut karena ada kaitannya dengan penggunaan listrik. Pada umumnya AC tersedia ke dalam ukuran ½, ¾, 1, 1.5, 2, 2.5 PK. Yang mana semakin besarnya PK maka akan semakin cepat pula kemampuan AC di dalam mendinginkan suhu ruangan, maka semakin besar pula listrik yang dipergunakan. Pilih AC yang mempunyai PK lebih efektif dan juga efisien untuk dinginkan suhu ruangan di rumah tinggal Anda.

Baca juga:  5 Etika Renovasi Rumah dengan Desain Minimalis Modern

AC inverter

Apabila Anda mempunyai uang lebih, maka pertimbangkan untuk beli AC inverter karena jauh lebih hemat dipergunakan untuk ruangan tertutup. Sementara itu AC non inverter jauh lebih hemat apabila perhitungan PK serta setting suhunya tepat. AC non inverter kami rekomendasikan hanya untuk ruang terbuka, karena kerja kompresor akan tetap sama tanpa kenaikan daya wattnya.

Efisiensi AC

Apabila ruangan yang bakal dipasangi AC memiliki lubang ventilasi, maka tutup ventilasi menggunakan plastic untuk tingkatkan efisiensi AC. Jangan pernah letakkan AC di atas pintu, lebih baik panjang pipa dari unit indoor pada outdoor kurang dari 15 meter.

Memilih yang mempunyai fitur kesehatan

Silakan Anda pilih AC dengan tambahakan fitur plasma filter, plasmaster, plasmacluster, dan juga nanoe-g. fitur tersebut bisa atasi pertumbuhan virus, jamur, dan bakteri. Walaupun organism tersebut sama sekali tak mati, akan tetapi setidaknya ruangan jadi lebih aman dari organism jahat yang ada tersebut.

Setting suhu supaya hemat listrik

Untuk menjadikan AC yang ada di dalam rumah tinggal minimalis Anda lebih hemat listrik, silakan Anda setting suhu lebih dari 22 derajat celcius dan atur kecepatan kipas di posisi sedang, cuci filter AC di setiap 1 minggu sekali, dan cuci semua unit indoor atau pun outdoor di setiap 6 bulan sekali. Jangan lupa juga untuk melakukan pengecekan unit AC di setiap 10 bulan sekali, supaya tidak terjadi overload yang sebabkan tagihan listrik Anda membengkak.

Demikian tadi kilas informasi seputar tips membeli AC untuk rumah minimalis!